Inner Peace Program

Counselling & Hypnotherapy

Sesi konseling dan hipnoterapi untuk membantu penanganan berbagai masalah emosi, perilaku dan penyakit psikosomatis yang mengganggu kualitas hidup

Ciptakan kedamaian dalam diri


Bebaskan diri dari berbagai masalah emosi, perilaku, kebiasaan buruk dan penyakit psikosomatis yang mengganggu kualitas hidup Anda, jalani kehidupan dengan fisik, mental, emosional dan spiritual yang damai

Menjalani kehidupan dengan sehat, tenang, berkelimpahan dan berbahagia bersama orang yang kita cintai tentu merupakan keinginan setiap orang, namun apakah hal tersebut selalu terjadi dengan begitu mudahnya, terutama di tengah meningkatnya gejolak dan tekanan kehidupan di jaman sekarang ini?

Faktanya, Anda tentu menyadari betapa dahsyatnya tekanan kehidupan sekarang ini dengan berbagai gejolaknya acap kali menghasilkan ketegangan tersendiri yang kemudian mengganggu banyak aspek kehidupan, entah itu gangguan pada aspek kesehatan, ketenangan batin, kinerja karir dan bisnis, serta buruknya kualitas hubungan bersama orang terdekat, yang berlangsung berkepanjangan

Mari sadari sejenak, apakah salah satu atau lebih dari hal di bawah ini terjadi pada diri Anda atau orang di sekitar Anda dan menimbulkan keresahan karenanya:

 

  • Terganggu oleh fobia atau ketakutan berlebih pada objek atau situasi tertentu, seperti takut pada kucing, anjing dan binatang lainnya, merasa cemas, tercekam dan tidak nyaman ketika berada di tempat sempit, gelap, sepi atau ramai dan berbagai jenis ketakutan tidak rasional lainnya.
  • Terbelengu oleh emosi negatif berkepanjangan seperti dendam, kemarahan dan kebencian, sulit menerima atau mengikhlaskan peristiwa yang pernah terjadi di masa lalu karena sedemikian sakitnya peristiwa itu berbekas, logika dan nurani Anda tahu Anda harus memaafkan dan bahkan Anda merasa sudah memaafkan, namun setiap kali mengingat kejadiannya emosi negatif itu muncul lagi.
  • Terjebak dengan perilaku dan kebiasaan buruk yang tidak produktif, seperti kecanduan rokok, alkohol, judi, pornografi, sering menggigit kuku, sering menunda dan banyak lagi kebiasaan buruk lainnya.
  • Menderita psikosomatis, penyakit fisik yang bermula dari emosi negatif yang terpendam namun kemudian menjalar ke tubuh fisik dalam berbagai bentuk yang muncul berulang dan berkepanjangan, misalnya masalah pencernaan, sakit kepala, pegal dan linu pada pundak, leher dan pinggang, badan mudah sakit-sakitan atau mudah masuk angin dan banyak lagi gejala masalah fisik lainnya.
  • Sulit mengendalikan emosi dan perilaku pada orang dekat, seperti pasangan, anak, sanak-keluarga, teman dan bawahan di tempat kerja, menyadari bahwa apa yang dilakukan salah dan tidak seharusnya dilakukan, namun tidak kuasa mengendalikan emosi dan perilaku tersebut, kualitas hubungan bersama mereka pun memburuk, tidak sebagus yang diharapkan.
  • Terjebak dalam masalah penundaan berlarut-larut, ada banyak hal yang Anda sebenarnya bisa dan Anda pun tahu hal itu harus Anda kerjakan dengan segera, namun sulit sekali mengalahkan rasa malas atau enggan, malah larut menunda atau mengerjakan hal yang kalah penting, yang mengakibatkan banyaknya perkara penting tidak terselesaikan dengan baik.
  • Sering merasa minder, merasa kecil, merasa tidak percaya diri, melewatkan banyak peluang karena sering merasa diri tidak layak, tidak sebagus orang lain.

Dan banyak lagi aneka permasalahan lainnya…

Coba mengendalikan diri namun sia-sia…

Tidakkah Anda pun lelah?

Sampai kapan semua ini akan terus berlangsung?

 

Tidak ada satu pun manusia yang betah berlama-lama menjalani permasalahan, terlebih jika hal itu sampai mengganggu kualitas hidup serta kebahagiaan dirinya dan keluarganya, hal itulah yang menjadikan siapa pun yang mengalami semua permasalahan di atas mencoba berbagai macam cara untuk ‘mengobati’ dirinya, mulai dari coba menahan diri dan mengalihkan perhatian dari masalahnya.

Pertanyaannya adalah: ketika semua upaya itu tak kunjung membawa hasil, lalu apa yang harus dilakukan? Sampai kapan akan terus bergelut dengan cara yang sama namun berharap-harap mendapatkan hasil yang berbeda?

“Kegilaan adalah terus melakukan hal yang sama namun mengharapkan hasil yang berbeda.”
– Albert Einstein

Ya, di titik inilah mereka yang telah kelelahan mengalami berbagai permasalahan berkepanjangan di atas, yang juga telah kelelahan mencoba berbagai macam cara mandiri untuk mengobati dirinya sendiri, mulai menyadari keterbatasannya dan mulai berpikir untuk mencari bantuan penanganan profesional…

Sebelum kemudian kebingungan berikutnya pun muncul…

Penanganan seperti apa yang bisa membantu mereka? Bagaimana penanganan itu bisa betul-betul membantu mereka menyikapi masalahnya?

Pertama-tama…

Mari pahami masalahnya

Bagaimana berbagai permasalahan dalam diri itu terbentuk

 

NicePng_iceberg-png_1594344

Dalam perspektif psikologi-psikodinamika, pikiran manusia terdiri atas pikiran sadar (conscious mind) dan pikiran bawah sadar (subconscious mind).

Secara sederhana, pikiran sadar adalah bagian dari kesadaran yang kita sadari cara kerjanya, dimana dengan pikiran sadar inilah kita berpikir dan menyadari dampak dari tindakan dan pemikiran kita. Sementara itu, pikiran bawah sadar adalah bagian dari kesadaran kita di level yang lebih dalam, yang menghasilkan respon pemikiran, perasaan dan perilaku tanpa kita sadari.

Pikiran bawah sadar memiliki porsi pengaruh 90% atas segala pemikiran, perasaan dan perilaku kita, dibandingkan pikiran sadar yang hanya berkisar 10%. Dengan cara kerjanya yang bekerja sebagai sebuah ‘respon otomatis’ tanpa disadari, pikiran bawah sadar diibaratkan bagian besar dari gunung es yang tidak terlihat karena terendam permukaan air, namun ialah yang mengendalikan bagian kecil pikiran sadar yang nampak di atas permukaan. 

Jika pikiran sadar baru bekerja optimal sebagai suatu mode kesadaran berpikir di usia tertentu, tidak halnya dengan pikiran bawah sadar yang sudah berfungsi aktif sejak kita dalam kandungan, ‘merekam’ berbagai memori dan emosi atas peristiwa masa lalu yang kita alami, lalu menyimpannya sebagai program penggerak sikap dan perilaku kita di masa kini.

Permasalahan yang muncul dalam diri saat ini, baik dalam bentuk masalah emosional, perilaku atau kebiasaan buruk, adalah karena adanya program yang bermasalah yang terbentuk serta tertanam di masa lalu dalam pikiran bawah sadar dan kemudian teraktivasi oleh stimulus spesifik tertentu di kemudian hari. Dengan posisinya yang tersimpan di pikiran bawah sadar, program ini bekerja tanpa kita sadari atau kendalikan secara sadar, seolah-olah menjadi ‘respon otomatis’ yang terjadi begitu saja di luar kehendak kita

Banyak upaya penanganan berakhir sia-sia atau memakan waktu lama karena upaya penanganan itu tidak menjangkau pikiran bawah sadar tempat dimana program masa lalu penyebab permasalahan di masa kini itu tersimpan.

Hal ini karena pikiran bawah sadar memiliki dinamika dan cara kerjanya sendiri, tanpa teknik yang tepat akan sangat sulit mengakses level kesadaran pikiran bawah sadar secara sengaja dalam proses penanganan, alhasil lagi-lagi proses penanganan dilakukan hanya sebatas di level pikiran sadar, tanpa menjangkau permasalahan sebenarnya yang tersimpan di level pikiran bawah sadar.

Tidak heran berbagai masalah itu semakin menjadi-jadi, menyebabkan kita mengalami ‘konflik internal’ berkepanjangan, nurani dan logika dari bagian pikiran sadar kita tahu bahwa hal yang kita rasakan atau lakukan tidaklah sesuai harapan, namun apa daya dorongan respon otomatis dari program di pikiran bawah sadar yang tidak bisa kita kendalikan melebihi kuasa kita, menjadikan kita tersiksa karena seolah ada bagian-bagian kesadaran dalam diri yang saling berkonflik satu sama lain.

NicePng_people-sitting-on-chairs_8544145

Solusi untuk Anda…

Inner Peace Program

Counselling & Hypnotherapy

 

Program konseling dan terapi intensif yang didesain spesifik untuk membantu penanganan permasalahan emosional, perilaku, kebiasaan buruk dan penyakit psikosomatis, yang bersumber dari pikiran bawah sadar, tempat dimana berbagai program penyebab permasalahan di masa kini tersimpan

Seperti pepatah berkata: “Ada asap maka tentu ada api,” jika masalah yang Anda alami saat ini tak ubahnya asap, maka tentu ada sumber apinya. Sumber api itulah yang terletak di pikiran bawah sadar, alih-alih fokus meniupi asapnya yang hanya menghasilkan perubahan sementara namun masalah itu muncul kembali di kemudian hari, maka bukankah lebih baik memadamkan apinya tepat di sumbernya?

Hipnoterapi adalah sebuah metode terapi yang dilakukan untuk secara spesifik mengakses pikiran bawah sadar melalui pendekatan relaksasi hipnosis dimana dengan pendekatan ini kita bisa mengungkap latar belakang bagaimana sebuah program penyebab permasalahan di masa kini terbentuk melalui serangkaian peristiwa masa lalu, sampai kemudian menjadi sebuah ‘skema’ respon otomatis di pikiran bawah sadar, yang berujung pada munculnya gejala masalah spesifik di masa kini.

Jika metode terapi lainnya memerlukan waktu yang relatif lama untuk bisa menghasilkan perubahan di pikiran bawah sadar, keistimewaan hipnoterapi justru terletak pada fokus utamanya yang ditujukan untuk langsung melakukan perbaikan di pikiran bawah sadar, tempat dimana program pikiran tersimpan.

Sekali program penyebab masalah di pikiran bawah sadar yang berhubungan dengan gejala masalah fisik, emosi dan perilaku di masa kini ternetralisir maka proses perubahan pun akan berlangsung efektif.

Bukankah itu yang Anda perlukan?

 
Sesi Terapi
Keterangan: gambar diperagakan oleh model
 

Mekanisme layanan

Cara kerja hipnoterapi

Jalannya sesi Inner Peace Counselling & Hypnotherapy

 

Dalam posisinya sebagai keilmuan yang bersifat modern dan ilmiah, hipnoterapi berhubungan dengan aktifnya pikiran bawah sadar yang ditandai dengan berpindahnya gelombang otak seseorang dari gelombang otak pikiran sadar di gelombang beta (12 – 25 Hz), ke gelombang pikiran bawah sadar yang sangat rileks yaitu alfa (8 – 12 Hz), theta (4 – 8 Hz) dan delta (0,5 – 4 Hz), dimana saat berada di frekuensi ini pikiran bawah sadar menjadi lebih aktif dan reseptif dalam menerima berbagai sugesti.

Di frekuensi ini juga kita bisa melakukan penelusuran terhadap memori (theta) dan emosi (delta) yang tersimpan di pikiran bawah sadar untuk menemukan akar masalah yang berhubungan dengan masalah yang dialami saat ini dan mengaplikasikan teknik psikoterapi untuk melakukan perbaikan di dalamnya.

Dalam praktiknya, hipnoterapis akan memandu klien untuk mengalami rangkaian proses relaksasi fisik dan mental untuk bisa memasuki frekuensi dimana pikiran bawah sadar bisa diakses optimal sebelum kemudian melakukan proses psikoterapi di dalamnya untuk menghasilkan resolusi trauma, rekonsolidasi memori, serta melakukan rekontruksi program yang terbentuk di masa lalu, yang menjadi penyebab di balik masalah fisik, mental, emosional dan perilaku spesifik yang dialami klien saat ini.

Penting untuk diketahui

Keilmiahan hipnoterapi

Teruji ilmiah dan berbasis sains yang bisa dipertanggungjawabkan

 

Tidak bisa dipungkiri, kurangnya pemahaman dan sosialisasi yang memadai tentang hipnoterapi membuat sebagian orang berpikiran bahwa hipnoterapi melibatkan kuasa gelap dan perkara mistis lainnya, yang menjadikan munculnya anggapan buruk tentang keilmuan ini, pertanyaannya adalah: apakah benar demikian adanya?

Berbeda dengan miskonsepsi yang banyak beredar selama ini, hipnoterapi justru adalah sebuah keilmuan dan fenomena yang sangat ilmiah, pembelajaran hipnoterapi sangat berkaitan erat dengan cara kerja tubuh dan pikiran manusia dalam dunia psikologi dan psikiatri, serta melibatkan banyak data dan hasil penelitian resmi dari berbagai institusi terkemuka kelas dunia.

Sejak diakui dan diterimanya keilmiahan hipnosis oleh British Medical Association (BMA) dan American Psychological Association (APA) sebagai salah satu modalitas penanganan resmi mereka, telah banyak penelitian lanjutan dilakukan oleh berbagai institusi terkemuka seperti Stanford dan Harvard, yang semakin membuktikan keilmiahan hipnosis. Di Indonesia sendiri, praktik dan penggunaan hipnoterapi sudah diatur resmi penggunaannya oleh Kementerian Kesehatan berdasarkan PERMENKES RI Nomor 1109/Menkes/Per/2007 sebagai jenis Pelayanan Penyehatan Komplementer Alternatif dengan spesifikasi modalitas Terapi Olah Pikir.

IMG-20160710-WA0024

Profil hipnoterapis

Alguskha Nalendra

Pentingnya memilih hipnoterapis yang tepat

 

Belum ditetapkannya standar kompetensi resmi dalam praktik hipnoterapi di Indonesia membuat ada banyak hipnoterapis yang berpraktik dengan standar kompetensi yang tidak jelas, bahkan ada juga yang ‘nekat’ berpraktik tanpa ijin resmi Dinas Kesehatan, pastikan sebagai klien Anda hanya memilih menjalani penanganan bersama hipnoterapis dengan standarisasi kompetensi yang memadai, ilmiah dari sumber pembelajaran yang bisa dipertanggungjawabkan dan ijin praktik resmi yang jelas.

Menjalankan praktik resmi dengan ijin Dinas Kesehatan Kota Bandung nomor 445/11595-Dinkes/83-STPT-HATTRA/XI/16, Alguskha Nalendra memastikan standar dan kualitas layanan hipnoterapi yang diberikannya sejalan dengan ketetapan resmi dari Kementerian Kesehatan Indonesia.

Sejak tahun 2012, Alguskha Nalendra telah mempelajari hipnoterapi klinis dan berbagai modalitas psikoterapi dari berbagai aliran, dari mulai aliran klasik sampai modern serta dari berbagai sumber di dalam dan di luar negeri. Semua pengalaman belajar intensifnya bersama para tokoh terkemuka dan terbaik di bidangnya, serta tahunan pengalaman praktiknya menangani berbagai jenis kasus dengan beragam kompleksitas melalui layanan hipnoterapi yang telah difasilitasinyalah yang akhirnya membawanya merumuskan detail program dari Inner Peace Counselling & Hypnotherapy ini.

Jumlah sesi penanganan

Pentingnya kejelasan

Penanganan yang berbeda untuk setiap masalah

 

“Berapa sesi yang diperlukan untuk penanganan setiap masalah?” pertanyaan itu menjadi pertanyaan umum yang selalu diajukan para calon klien.

Jawabannya bersifat tegas: sebagaimana tidak ada detail permasalahan yang bersifat sama persis, maka jumlah sesi yang diperlukan pun tidak bisa dipastikan atau dijamin jumlahnya, jalannya penanganan konseling dan terapi dalam program ini selalu fokus pada proses dimana terapis dan klien mengevaluasi kemajuannya berdasarkan indikator keberhasilan yang sudah disepakati bersama.

Meskipun dari statistik selama ini masalah klien selesai dalam 1-2 sesi, sangat penting bagi klien untuk tetap berkomitmen penuh fokus pada proses dan mengevaluasi perkembangannya bersama-sama, termasuk mengantisipasi kemungkinan jika masalah atau situasi yang dialami klien sedemikian kompleks dan memerlukan jumlah sesi penanganan lebih.

Beberapa kompleksitas masalah memerlukan penyelesaian melalui sesi konseling, namun ada juga beberapa masalah lainnya yang memerlukan penyelesaian melalui sesi terapi, disinilah sesi bisa berlangsung dinamis sesuai dengan kebutuhan spesifik permasalahan. Bisa saja dalam satu sesinya klien hanya fokus menjalani sesi konseling, bisa juga klien hanya fokus menjalani sesi terapi, namun bisa juga menjalani keduanya, hal inilah yang akan dianalisa dan dikomunikasikan saat program berjalan.

Masalah yang terbantu teratasi…

Dengan program layanan

 Inner Peace Counselling & Psychotherapy


Pengembangan Diri

  • Dilema pembuatan keputusan, terjebak di antara dua atau lebih pilihan dilematis yang sulit ditengahi.
  • Merasa hampa menjalani kehidupan, tidak tahu nilai kebahagiaan diri.
  • Krisis nilai-nilai kehidupan, tidak tahu apa yang dicari dalam hidup, menjalani kehidupan yang seolah bukan kehidupan diri sendiri.
  • Sulit berkembang karena tidak tahu potensi dan kelebihan diri.

 

Fobia, Trauma, Ketakutan/Kecemasan Berlebih

  • Fobia/ketakutan berlebih pada binatang tertentu: unggas, reptil, serangga, anjing, kucing dll.
  • Fobia/ketakutan berlebih pada situasi tertentu: ketinggian, tepat gelap, tempat sempit, keramaian, tempat sepi, dll.
  • Fobia/ketakutan berlebih pada orang tertentu: sosok berpenampilan seram dan sejenisnya (biasanya terjadi pada anak-anak).
  • Fobia/ketakutan berlebih pada perilaku tertentu: hilang kendali jika dibentak, diancam dll.
  • Penanganan trauma masa lalu.

 

Motivasi & Kinerja

  • Masalah kepercayaan diri, sulit bersosialisasi dan berkomunikasi.
  • Semangat hidup dan semangat kerja yang meredup, menjalani kehidupan dan pekerjaan seolah tanpa gairah.
  • Rasa malas dan suka menunda.
  • Kesulitan tampil dan berbicara depan umum/presentasi/public speaking.
  • Sulit fokus, mudah teralihkan dalam berpikir.

 

Gangguan Tidur 

  • Insomnia, sulit tidur, kecemasan berlebih menjelang tidur, sering kali terbangun menjelang memasuki kondisi tidur.
  • Mimpi buruk berkepanjangan yang tidak diketahui maknanya.
  • Rasa kantuk berlebih tanpa sebab yang jelas, stamina rendah dan mudah lesu.

 

Permasalahan Berat BadanUkuran Tubuh dan Pola Makan

  • Berat badan selalu bermasalah meski sudah mengatur pola makan dan suplemen.
  • Diet yang bermasalah: sulit menurunkan berat badan namun dengan cepat naik berat badan.
  • Sulit mengontrol nafsu makan: cenderung ingin ngemil atau makan meski sedang tidak lapar, mudah merasa lapar tanpa sebab.
  • Terlalu pemilih dalam makan, tidak bisa makan makanan tertentu meski tidak ada pantangan kesehatan.

Produktivitas & Pencapaian

  • Produktivitas rendah, sulit mencetak pencapaian yang lebih tinggi karena terbelengu hambatan mental dan keyakinan diri yang membatasi.
  • Hidup seperti dalam perahu bocor, lelah antara ‘mendayung’ dan ‘membuang air yang masuk’ selalu ada saja masalah berdatangan dari berbagai arah yang menghabiskan energi kehidupan.

 

Kecanduan & Kebiasaan Buruk

  • Ketergantungan pada obat, benda atau perilaku tertentu: rokok, alkohol, judi, pornografi, dan lain sebagainya.
  • Kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan: menggigit kuku, suka mengambil barang orang, mudah marah tanpa sebab yang jelas dll.

 

Pelajar, Anak dan Remaja

  • Permasalahan anak dan remaja di sekolah: malas belajar, pemalu/sulit bergaul, sulit konsentrasi dan mengingat pelajaran,
  • Permasalahan anak dan remaja di rumah: kasar dalam berperilaku, stres karena pelajaran, stres karena perilaku buruk teman sekolah (bullying).

 

Pernikahan & Seksualitas 

  • Permasalahan dalam pernikahan-rumah tangga: sulit mengontrol emosi pada pasangan, obsesi seksual yang menyimpang ketika berhubungan, mudah tergoda wanita/pria lain, sulit terlepas dari bayang-bayang mantan atau sosok lain.
  • Permasalahan seksual pada pasangan: cemas berlebih ketika berhubungan, hasrat seksual berlebih yang mengganggu keharmonisan, ejakulasi dini dll.
  • Disorientasi: ketertarikan seksual pada sesama jenis.

 

Mengelola Stres/Stress Management

  • Melepaskan emosi negatif dari stres dan tekanan pekerjaan atau lingkungan
  • Rasa stres berlebihan dalam menjalani pekerjaan dan kehidupan.

 

Psikosomatis*

  • Masalah psikologis, mental-emosional yang berdampak pada fisik, misalnya asma, migren dan maag, dll yang terjadi karena muatan emosional tertentu.
  • Sakit berkepanjangan yang tidak terdeteksi pemeriksaan medis.

*Catatan: khusus untuk keluhan ini memerlukan surat keterangan/referensi dari dokter/praktisi kesehatan yang berwenang yang menangani klien.


Dan banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda konsultasikan lebih jauh, silakan hubungi kontak yang tertera untuk memastikannya langsung….
.

Penting untuk diketahui…

Penanganan komplementer

 Inner Peace Counselling & Hypnotherapy adalah program penanganan komplementer yang bersifat melengkapi (compliment). Dalam kedudukannya sebagai sebuah penanganan pelengkap/komplementer, program ini didesain untuk membantu melengkapi program penanganan medis dan/atau psikologis formal yang sudah ada, dan bukan untuk menggantikannya

Penting untuk diketahui…

Kebijakan program

 Inner Peace Counselling & Hypnotherapy


  • Layanan konseling dan/atau terapi dalam program ini hanya diperuntukkan untuk menangani klien yang datang atas keinginan atau kesadarannya sendiri, bukan atas rayuan, bujukan, desakan, paksaan, dan atau ancaman orang lain, baik itu pasangan, orang tua, keluarga atau atasan.
  • Untuk memastikan kualitas penanganan yang optimal, satu sesi konseling dan/atau terapi hanya diperuntukkan untuk penanganan satu aspek masalah saja. Untuk itu klien perlu menetapkan dengan hati-hati dan jelas apa yang paling utama dan penting untuk dibereskan di setiap sesinya, itulah mengapa sesi konseling sangat penting untuk memastikan dan menemukan kejelasan akan skala prioritas di balik setiap penangaan.
  • Meski ada kalanya melibatkan proses profiling, yang mengulas kecenderungan kepribadian seseorang dan responnya, proses ini bukan dimaksudkan sebagai media diagnosis medis dan/atau psikologis. Jika klien membutuhkan diagnosis medis dan/atau psikologis, klien dipersilakan menghubungi dokter atau tenaga kesehatan yang berwenang.
  • Jika permasalahan yang ditangani memiliki keterkaitan dengan diagnosis medis (psikosomatis), harap lampirkan surat rujukan/referensi dari dokter yang menangani atau laporan pemeriksaan medis.
  • Klien harus mengijinkan dirinya untuk menjalani penanganan dan meniatkan sungguh-sungguh dari diri sendiri dengan sepenuh hati untuk bisa berubah atau keluar dari masalahnya.
  • Jalannya penanganan sangat bergantung pada kepercayaan dan kenyamanan klien untuk menceritakan permasalahannya. Atas alasan itu pelaksanaan sesi dilakukan secara private-individual, tanpa disaksikan pihak lain, segala data dan riwayat sesi dari setiap klien dijamin kerahasiaannya.
  • Pelaksanaan sesi selalu dilakukan secara private-individual, tanpa disaksikan pihak lain, kecuali untuk pelaksanaan sesi konseling dan/atau terapi berpasangan dan/atau keluarga, yang akan dikomunikasikan terlebih dahulu teknis pelaksanaannya.
  • Kerja sama dan komitmen klien sangat diperlukan dalam menjalani penanganan, termasuk dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan, dengan sungguh-sungguh, untuk dievaluasi dari sesi ke sesi.
  • Klien harus berkomitmen siap menjalani keseluruhan penanganan dengan fokus pada proses. Meskipun dari statistik selama ini masalah klien selesai dalam 1-2 sesi, sangat penting bagi klien untuk tetap berkomitmen penuh fokus pada proses dan mengevaluasi perkembangannya bersama-sama, termasuk mengantisipasi kemungkinan jika masalah yang dialami klien sedemikian kompleks dan memerlukan jumlah sesi penanganan lebih.
  • Peraturan dan kebijakan lengkap program akan diulas dalam sesi konsultasi awal yang tertuang di lembar kesepahaman. Klien wajib memahami dan menyetujui semua butir di dalamnya untuk bisa mengikuti program ini.
  • Segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan, keterlambatan, pembatalan, konsekwensi, peraturan dan kebijakan program akan tertuang di lembar kesepahaman yang diulas dalam sesi konsultasi.
  • Pembayaran layanan dilakukan secara penuh setiap kali klien selesai menjalani sesi penanganan dengan cara tunai atau pun debit.
  • Indikator kemajuan dan perkembangan penanganan sangat berdasar pada komunikasi dua arah, berdasarkan yang klien rasakan dan rekam jejak sesi penanganan yang sudah/sedang berlangsung.
  • Disclaimer: mengacu kepada jalannya proses sebagai kontrak upaya dan bukan kontrak hasil serta sebagaimana kode etik profesional praktisi yang wajib diikuti, program ini tidak menjamin kesembuhan atau perubahan kepada klien dengan iming-iming apa pun, yang dapat dijamin adalah: terapi dilakukan dengan standar yang sangat tinggi, yang telah terbukti efektif dengan statistik yang sangat tinggi dalam menangani berbagai kasus dengan beragam kompleksitas selama ini, kesembuhan dan keberhasilan terapi ditentukan oleh Tuhan YME dan kerjasama antara klien dan praktisi yang menangani.

Untuk siapa saja

Aspek penanganan

 Inner Peace Counselling & Hypnotherapy


Personal

Sesi konseling dan/atau terapi dalam format private-individual untuk penanganan masalah yang menghambat kualitas hidup pribadi

Couple

Sesi konseling dan/atau terapi untuk penanganan masalah emosional dan sikap dalam berpasangan yang menjadikan hubungan tidak harmonis

Family

Sesi konseling dan/atau terapi untuk penanganan masalah emosional dan sikap dalam berkeluarga yang menjadikan hubungan tidak harmonis

Hubungi Customer Service

Pesan jadwal Anda

Inner Peace Counselling & Hypnotherapy Session

 

Setiap klien yang akan menjalani sesi konseling dan/atau terapi bersama Alguskha Nalendra diwajibkan mendaftarkan diri terlebih  dahulu. Sesi konseling dan/atau terapi ini hanya diperuntukkan bagi klien yang sudah mendaftar, klien tidak bisa datang dan langsung menjalani sesi konseling dan/atau terapi. Dengan padatnya jadwal para klien yang menjalani program coaching, konseling dan/atau terapi, Anda direkomendasikan menjadwalkan sesi Anda paling lambat sejak 1 (satu) bulan sebelumnya.

Alguskha Nalendra - Contact Us

3 Langkah Mudah

Mendapatkan jadwal untuk menjalani konseling dan/atau terapi Anda


Hubungi Customer Service

Silakan menghubungi (022) 2052-9119 pada jam kerja 09:00 – 17:00 WIB, untuk mendapatkan informasi ketersediaan jadwal Alguskha Nalendra. Anda juga bisa menghubungi Customer Service dengan menghubungi Whatsapp ke nomor +62 813-9571-3965 pada jam kerja 09:00 – 17:00 WIB, atau dengan mengisi lembar kontak yang tertera di halaman ‘Contact‘.

Dapatkan jadwal

Customer Service akan menginformasikan ketersediaan jadwal yang bisa Anda sesuaikan dengan ketersediaan jadwal Anda dan sepakati bersama. Untuk memastikan penjadwalan yang dibuat teringat dengan baik Customer Service akan mengirimkan pesan pengingat di H-2 jadwal Anda dan pada pagi hari dimana jadwal berlangsung, melalui pesan teks Whatsapp.

Hadir sesuai jadwal

Silakan datang ke kantor praktik Alguskha Nalendra sesuai jadwal yang Anda dapatkan. Pada perjumpaan pertama bila klien dinilai siap, maka bisa langsung dilakukan terapi dengan mengikuti standar kebijakan yang disepakati. Namun bila klien dinilai belum siap atau permasalahan yang dialami klien bukan termasuk kasus yang harus diselesaikan melalui sesi terapi maka hanya akan dilakukan konsultasi atau konseling.

Tarif profesional 1 sesi konseling dan/atau terapi

Rp 1.500.000,-

(Satu Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)

  • 1 sesi terapi dan/atau konseling berlangsung selama kurang lebih 2-3 jam, bisa juga lebih jika ternyata kompleksitas masalah terbilang tinggi.
  • Pembayaran dilakukan secara penuh di Customer Service setelah sesi selesai dengan cara tunai atau pun kartu debit.
master-card-visa-icon-24

Dapatkan informasi lebih jauh

30 menit konsultasi gratis

Puaskan dulu rasa penasaran Anda sebelum memutuskan

 

Bisa jadi ada beberapa pertanyaan dalam benak Anda: apakah layanan ini cocok untuk Anda, apakah layanan ini sesuai dengan yang Anda butuhkan, atau pertanyaan lain yang Anda ingin pastikan jawabannya. Hindarkan diri Anda dari kebingungan yang tidak perlu, silakan menghubungi Customer Service yang akan menjawab pertanyaan Anda sehubungan dengan kebijakan layanan.

Tidak hanya itu, dapatkan juga 30 menit sesi konsultasi gratis melalui telepon bersama Alguskha Nalendra dimana Anda bisa mengkonsultasikan detail permasalahan Anda dan memperjelas hal-hal yang Anda ingin perjelas langsung bersama Alguskha Nalendra sebagai konselor dan hipnoterapis Anda.

Silakan hubungi Customer Service ke kontak yang tertera untuk mendapatkan 30 menit sesi konsultasi gratis melalui telepon bersama Alguskha Nalendra, Customer Service akan membantu Anda menjadwalkan waktu yang ideal untuk mendapatkan sesi konsultasi ini.

Frequently Asked Questions

F.A.Q

Pertanyaan yang sering diajukan

 

Tentang Hipnoterapi

Apakah itu hipnoterapi

Hipnoterapi terdiri dari dua kata: Hipnosis dan Terapi.

Hipnosis adalah sebuah kondisi perpindahan kesadaran yang ditandai dengan berpindahnya gelombang otak seseorang dari gelombang otak pikiran sadar di gelombang beta (12 – 25 Hz), ke gelombang pikiran bawah sadar yang sangat rileks yaitu alfa (8 – 12 Hz)theta (4 – 8 Hz) dan delta (0,5 – 4 Hz).

Perpindahan kesadaran ini bisa terjadi secara alami, seperti ketika melamun misalnya, atau ketika rileks dan mengantuk, bisa juga terjadi melalui serangkaian proses yang diarahkan secara sengaja, dengan menggunakan pendekatan relaksasi hipnosis misalnya.

Saat berada di kondisi ini pikiran bawah sadar menjadi lebih aktif dan reseptif dalam menerima berbagai sugesti atau pesan mental perubahan, disinilah proses psikoterapi dilakukan, dengan kata lain hipnoterapi adalah proses terapi yang dilakukan dalam kondisi hipnosis.

Bagaimana hipnoterapi bekerja?

Dalam praktiknya, hipnoterapis akan memandu klien untuk mengalami rangkaian proses relaksasi fisik dan mental untuk bisa memasuki frekuensi gelombang otak dimana pikiran bawah sadar bisa diakses optimal.

Di frekuensi pikiran bawah sadar ini hipnoterapis akan melakukan penelusuran terhadap memori (theta) dan emosi (delta) yang tersimpan di pikiran bawah sadar untuk menemukan akar masalah yang berhubungan dengan masalah yang dialami klien saat ini dan mengaplikasikan teknik psikoterapi untuk melakukan proses intervensi dan resolusi trauma, serta melakukan rekontruksi program yang menjadi penyebab di balik masalah fisik, mental dan emosional yang dialami klien saat ini.

Apakah hipnoterapi melibatkan unsur magis/mistis/kuasa gelap?

Sama sekali tidak, hipnoterapi klinis yang benar merupakan salah satu bagian dari keilmuan psikologi, konseling dan psikiatri, segala fenomena yang terjadi dalam proses hipnoterapi merupakan hal yang bisa dijelaskan secara logis dan ilmiah.

Hipnoterapi tidak melibatkan kuasa gelap, sihir, mantra atau hal berbau mistis apa pun, melainkan melibatkan pemahaman mendalam atas cara kerja pikiran berdasakan teori psikologi psikodinamika, psikologi perilaku-kognitif dan dan psikologi humanistik.

Apakah klien tertidur dalam sesi hipnoterapi?

Sama sekali tidak, kondisi hipnosis merupakan fenomena perpindahan kesadaran yang ditandai dengan berpindahnya gelombang otak beta ke alpha atau theta dimana di frekwensi ini kesadaran seseorang justru semakin meningkat untuk merespon sugesti, sementara itu tidur terjadi di gelombang otak delta dimana di frekwensi ini kemampuan seseorang untuk merespon sugesti justru menurun.

Kondisi perpindahan kesadaran pada umumnya terjadi dibarengi dengan rileksnya sistem otot dan syaraf dalam diri seseorang, ditambah lagi adanya arahan untuk memejamkan mata maka sekilas hal ini nampak seperti tidur bagi orang awam, padahal sama sekali tidak, klien tetap sadar sepenuhnya dan mampu berkomunikasi dengan baik, hanya saja dalam kondisi rileks perpindahan gelombang otak yang nampak seperti tidur.

Apakah klien kehilangan kendali/kesadaran dalam sesi hipnoterapi?

Tidak, yang terjadi adalah perpindahan kesadaran yang ditandai dengan perpindahan gelombang otak dan bukannya kehilangan kesadaran, maka klien tetap memegang kendali penuh atas segala yang terjadi dalam proses terapi.

Klien tetap menyadari segala apa yang terjadi dan tetap mengingat segala-sesuatunya, hanya saja di level kesadaran/gelombang otak berbeda yang membuatnya lebih reseptif dalam menerima sugesti positif, namun semua ini tetap dibarengi dengan adanya kesadaran dan kendali diri.

Jika sugesti yang diberikan dirasa bertentangan dengan norma dan keyakinan yang kita anut atau bahkan membahayakan maka sugesti tersebut akan ditolak. Ini yang membuat hipnoterapis hanya bisa memberikan terapi pada klien yang datang karena keinginan sendiri dan tidak bisa menerapi mereka yang datang karena terpaksa (bukan keinginan sendiri).

Alih-alih kehilangan kesadaran, yang sesungguhnya terjadi adalah peningkatan kesadaran yang ditandai dengan meningkatnya kemampuan otak untuk mengakses memori atas berbagai peristiwa sejak lahir dulu, hal ini juga yang menjadi landasan penelusuran akar masalah dalam sesi hipnoterapi, namun sekali lagi hal ini hanya bisa dilakukan jika klien menghendaki dan memercayai hipnoterapis yang memfasilitasi prosesnya.

Bagaimana dengan tayangan hipnosis di televisi?

Jangan memercayai begitu saja apa yang Anda lihat di televisi, apa yang ditayangkan di televisi merupakan aplikasi dari hipnosis untuk hiburan yang disebut stage hypnosis. Dalam proses hiburan praktisi yang melakukan proses hipnosis haruslah piawai mengemas acara agar nampak dramatis, tak jarang ia juga merekayasa adegan dengan bumbu tertentu agar menarik minat penontonnya.

Apakah hipnoterapi bisa membuat seseorang mengungkapkan rahasianya?

Tergantung dari jenis rahasia apa yang dimaksud, hipnoterapi bisa membantu seseorang menelusuri akar masalah di pikiran bawah sadar namun kendali untuk mengungkapkan masalah itu terletak pada diri klien, jika klien tidak bersedia mengungkapkannya maka ia tidak akan mengatakannya dan hipnoterapis tidak bisa memaksanya untuk itu.

Dalam situasi dimana klien merasa informasi yang harus dikatakannya bersifat rahasia dan berpotensi mengancamnya maka ia akan menahan dan tidak mengatakannya apa pun sugesti yang diberikan, hal ini yang membuat proses hipnosis tidak bisa digunakan untuk menginterogasi atau membuat seseorang berkata jujur.

Atas alasan ini juga sesi hipnoterapi bersifat private dan confidential, tidak boleh ada orang lain di ruang terapi selain klien dan hipnoterapis, jika informasi yang klien perlu sampaikan berhubungan dengan orang lain yang ada di ruang terapi maka informasi itu tidak akan tersampaikan dengan baik dan proses terapi tidak akan berjalan efektif.

Mengikuti asas private & confidential, klien yang menjalani sesi terapi hendaknya sudah menyadari bahwa kunci sukses keberhasilan sesi terapinya bergantung pada keterbukaannya dalam menjalani proses terapi, maka dalam hal ini sedianya sudah tidak ada lagi rahasia karena semua informasi sekecil apa pun memegang peranan penting untuk menunjang keberhasilan proses terapi.

Tentang Layanan

Mengapa penting menjalani program ini?

Proses penanganan dalam program ini memungkinkan kita untuk menelusuri sebuah masalah sampai ke akarnya yang paling dalam di pikiran bawah sadar dan menuntaskannya dengan lebih efektif.

Bukan berarti terapi yang dilakukan di pikiran sadar tidak efektif, karena semua memiliki kelebihan-kekurangannya masing-masing. Yang membuat terapi bawah sadar menjadi efektif karena perubahan yang terjadi di dalamnya akan langsung memberi dampak ke pikiran sadar.

Apakah kesembuhan/perubahan dari program ini bersifat permanen?

Proses penanganan dalam program ini memungkinkan kita untuk menelusuri sebuah masalah sampai ke akarnya yang paling dalam di pikiran bawah sadar dan menuntaskannya dengan lebih efektif.

Seberapa permanen dampak kesembuhan dan/atau perubahannya? Mari ibaratkan asap dan api, sebagimana pepatah mengatakan: “Ada asap maka tentu ada api,” begitu juga ilustrasi dari perubahan dalam program ini, jika ‘sumber api’ atau akar masalah di pikiran bawah sadar sudah dinetralisir, maka sedianya ‘asap’ atau masalah pun tersembuhkan dan tidak akan muncul kembali.

Untuk menyatakan sebuah permasalahan sudah terselesaikan, diperlukan indikator keberhasilan yang bisa disepakati bersama oleh praktisi yang menangani dan klien yang menjalani penanganan. Berdasarkan evaluasi dua arah atas pemenuhan indikator keberhasilan dalam jangka waktu tertentu inilah baru sebuah masalah dinyatakan terselesaikan.

Ada kalanya terjadi kasus dimana masalah lama seolah kambuh kembali (relapsed), untuk mengantisipasi hal inilah periode evaluasi akan disepakati bersama untuk meninjau dan mengevaluasi seberapa konsisten sebuah perubahan bertahan sampai dinyatakan masalah sudah tertangani penuh.

Dalam kasus dimana masalah lama seolah kambuh kembali setelah melewati periode evaluasi, besar kemungkinan terjadi fenomena dimana terdapat akar masalah lain di pikiran bawah sadar yang teraktivasi di masa kini, namun dalam bentuk gejala yang sama dengan yang sebelumnya pernah ditampakkan, jika ini yang terjadi maka dalam hal ini penanganan lanjutan pun diperlukan untuk memastikan akar masalah tersebut bisa kembali terselesaikan secara penuh.

Apa saja kasus yang bisa terbantu tertangani oleh program ini?

Berbagai macam kasus yang berkenaan dengan masalah emosional, perilaku dan psikosomatis (masalah fisik yang muncul dari emosi), termasuk kebiasaan buruk karena pada dasarnya sikap, perilaku dan kebiasaan yang mengganggu seperti merokok, berjudi menggigit kuku dan lain-lain pun terbentuk karena adanya program yang bersarang di pikiran bawah sadar, maka Inner Peace Counselling & Psychotherapy menjadi efektif karena penanganannya langsung dilakukan di pikiran bawah sadar.

Apa saja kasus yang tidak boleh ditangani dengan program ini?

Sebagai teknik terapi komplementer, program ini tetap memiliki keterbatasannya, dalam prakteknya penanganan dalam program ini bersifat melengkapi dan bukan menggantikan penanganan formal yang dilakukan tenaga kesehatan yang berwenang, melainkan melengkapi. Itulah kenapa ada beberapa kasus yang akan tetap direferensikan pada tenaga kesehatan yang lebih berwenang karena cakupan penanganan kasusnya lebih sejalan dengan bidang praktik yang mereka tekuni.

Dalam hubungannya dengan emosi, perilaku, sikap dan kebiasaan, program ini tidak diperuntukkan dalam penanganan kasus-kasus yang berhubungan dengan gangguan psikologis dan kejiwaan seperti bipolar, skizofrenia dan gangguan lainnya (dinyatakan dengan adanya vonis resmi dari tenaga kesehatan berwenang), juga yang melibatkan kasus-kasus berkebutuhan khusus dan gangguan pada fungsi organik otak.

Bagaimana penanganan penyakit psikosomatis dengan program ini?

Pertama-tama, perlu dipastikan bahwa masalah yang dialami adalah benar psikosomatis, hal ini biasa diketahui dengan adanya rujukan/referensi resmi dari dokter yang menangani klien.

Psikosomatis merupakan masalah yang muncul secara fisik dalam diri klien namun biasanya tidak diketahui penyebabnya, dalam hal  ini emosi negatif terpendam dalam diri klienlah yang memunculkan penyakit-penyakit tersebut sebagai simtom.

Program ini memerlukan kejelasan bahwa psikosomatis yang dialami klien adalah benar adanya dan bukan penyakit fisik yang masih harus ditangani secara medis karena jika hal itu yang terjadi klien akan direkomendasikan klien menemui praktisi medis yang berwenang.

Siapa saja yang bisa & tidak bisa menjalani program ini?

Program ini bisa difasilitasi pada siapa pun yang bisa berkomunikasi secara verbal, mampu fokus serta menalar arahan dan mengikutinya berdasarkan kesadaran dan keinginan sendiri, program ini tidak bisa difasilitasi pada mereka yang kesulitan berkomunikasi, sulit fokus dan menalar arahan karena gangguan fungsi organik otak.

Persyaratan tambahan adalah klien tidak memiliki hambatan medis yang terlampau berat yang dapat terpicu oleh gejolak emosional (sakit jantung, asma, epilepsi dll). Bagi anak-anak, persyaratan utama mereka adalah sudah bisa berkomunikasi dengan baik dan fokus pada arahan (dari pengalaman selama ini biasanya yang berusia 14 tahun ke atas).

Bagaimana program ini dilakukan pada anak-anak?

Khusus untuk penanganan kasus yang dialami anak-anak, program ini tidak bisa dilakukan begitu saja, melainkan harus melalui proses konseling yang memadai pada kedua orangtua sebelum diputuskan memfasilitasi proses terapi pada anak.

Dua alasan yang melandasi hal ini:

  • Anak adalah cerminan orang tua, seringkali masalah pada anak adalah cerminan dari masalah orang tua yang tidak terselesaikan, ketika masalah orang tua bisa terselesaikan sering kali masalah pada anak terselesaikan dengan sendirinya.
  • Anak adalah hasil dari pengasuhan lingkungan, riwayat pengasuhan dan tumbuh kembang anak dari dulu sampai sekarang perlu diketahui secara spesifik untuk mengetahui dengan pasti stimulus penyebab masalah dalam diri anak sebelum menentukan rencana penanganan yang sesuai.

Seringkali masalah dalam diri anak terjadi karena masalah komunikasi antar orangtua atau pola pengasuhan yang tidak tepat, ketika stimulus penyebab masalah yang bersumber dari orangtua teratasi maka masalah dalam diri anak pun sembuh dengan sendirinya, hal inilah yang akan diulas dalam sesi konseling. Jika kedua orangtua anak tidak bersedia menjalani konseling maka proses penanganan pada anak tidak akan dilakukan.

Dimana proses konsultasi dan/atau penanganan dilakukan?

Layanan konsultasi awal, konseling dan/atau terapi hanya bisa diikuti di kantor praktik Alguskha Nalendra di Bandung. Alguskha Nalendra tidak menerima panggilan ke tempat klien dalam bentuk apa pun. Jika klien berasal dari luar kota yang kesulitan untuk datang ke Bandung, kami akan mereferensikan klien menemui rekan sejawat di kota terdekat dengan tempat asal klien.

Berapa masalah yang bisa diselesaikan dalam 1 sesi?

Untuk memastikan kualitas terapi yang optimal, satu sesi penanganan hanya diperuntukkan untuk penanganan satu aspek masalah saja. Untuk itu klien perlu menetapkan dengan hati-hati dan jelas apa yang paling utama dan penting untuk ditangani di 1 sesi penanganannya.

Bolehkah menyaksikan jalannya sesi penanganan?

Proses penanganan sangat bergantung pada kepercayaan, untuk itu klien perlu percaya sepenuhnya pada praktisi yang menangani. Atas alasan itu pelaksanaan sesi penanganan dilakukan secara private-individual, tanpa disaksikan pihak lain, orang terdekat sekali pun.

Alguskha Nalendra menjamin kerahasiaan segala data dan riwayat sesi dari setiap kliennya. Jika klien ngotot untuk ‘ditemani’ dalam proses penanganan atau pengantar ngotot untuk ‘menyaksikan’ jalannya terapi, maka proses penanganan tidak akan dilaksanakan.

Adakah persiapan khusus untuk menjalani sesi terapi?

Secara mendasar, klien hanya perlu menjaga stamina fisiknya sebelum sesi penanganan, dengan makan dan jam istirahat yang cukup. Selebihnya, klien harus siap menjalani sesi penanganan dengan keterbukaan hati dan pikiran, kesediaan dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk berubah.

Klien juga harus bersedia menjalankan bimbingan dengan sungguh-sungguh, termasuk menjalankan tugas-tugas yang diberikan, jika ada, untuk meningkatkan kualitas perubahan yang diperoleh di sesi penanganannya.

Adakah jaminan kesembuhan dalam program ini?

Proses penanganan merupakan kontrak upaya dan bukan kontrak hasil serta sebagaimana kode etik profesional praktisi yang wajib diikuti, program ini tidak menjamin kesembuhan atau perubahan kepada klien dengan iming-iming apa pun, yang dapat dijamin adalah: terapi dilakukan dengan standar yang sangat tinggi, yang telah terbukti efektif dengan statistik yang sangat tinggi dalam menangani berbagai kasus dengan beragam kompleksitas selama ini, kesembuhan dan keberhasilan terapi ditentukan oleh Tuhan YME dan kerjasama antara klien dan praktisi yang menangani.

Berapa sesi yang diperlukan dalam program ini?

Sebagaimana tidak ada detail permasalahan yang bersifat sama persis, maka jumlah sesi yang diperlukan pun tidak bisa dipastikan atau dijamin jumlahnya, jalannya penanganan konseling dan terapi dalam program ini selalu fokus pada proses dimana terapis dan klien mengevaluasi kemajuannya berdasarkan indikator keberhasilan yang sudah disepakati bersama.

Meskipun dari statistik selama ini masalah klien selesai dalam 1-2 sesi, sangat penting bagi klien untuk tetap berkomitmen penuh fokus pada proses dan mengevaluasi perkembangannya bersama-sama, termasuk mengantisipasi kemungkinan jika masalah atau situasi yang dialami klien sedemikian kompleks dan memerlukan jumlah sesi penanganan lebih.

Beberapa kompleksitas masalah memerlukan penyelesaian melalui sesi konseling, namun ada juga beberapa masalah lainnya yang memerlukan penyelesaian melalui sesi terapi, disinilah sesi bisa berlangsung dinamis sesuai dengan kebutuhan spesifik permasalahan. Bisa saja dalam satu sesinya klien hanya fokus menjalani sesi konseling, bisa juga klien hanya fokus menjalani sesi terapi, namun bisa juga menjalani keduanya, hal inilah yang akan dianalisa dan dikomunikasikan saat program berjalan.

Masih punya pertanyaan yang belum terjawab?

Silakan hubungi Customer Service ke kontak yang tertera 

Dapatkan jadwal konsultasi Anda,
hubungi tim infomasi & reservasi
Alguskha Nalendra sekarang 

(022) 2052 9119

*Waktu aktif merespon: hari kerja Senin-Jumat, 09:00 – 17:00 WIB